Minggu, 27 Juni 2010

PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BUKAN SEMATA_MATA PELAJARAN SAMPINGAN

Pendidikan jasmani memang tak bisa dipandang sebelah mata apalagi diremahkan. Olahraga haruslah dilakukan dengan sungguh-sungguh. Untuk itu melakukan kegiatan olahraga dengan sangat disiplin. Sekolah merupakan salah satu lembaga yang bertanggung jawab dalam menerapkan disiplin untuk para siswa. Dalam melakukan Pendidikan jasmani dan kesehatan atau yang di singkat Penjaskes para guru olahraga memiliki cara atau metode yang unik tapi disiplin. Disiplin merupakan suatu cara untuk merubah tingkah laku anak disekolah dari yang kurang baik menjadi baik. Dalam menerapkan disiplin disekolah, terdapat teknik-teknik yang dipergunakan oleh pendidik disekolah, dengan bimbingan dan penyuluhan ataupun dengan pendidikan jasmani.
Pengembangan dengan pendidikan jasmani disekolah membutuhkan ketrampilan, seperti ketrampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan olah raga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur, kerjasama, dan lain-lain) serta pembiasaan pola hidup sehat. Pelaksanaannya bukan melalui pengajaran konvensional didalam kelas yang bersifat kajian teoritis, namun melibatkan unsure fisik, mental, intelektual, emosi dan social.
Aktifitas yang diberikan dalam pengajaran harus mendapatkan sentuhan didaktik-metodik, sehingga aktivitas yang dilakukan dapat mencapai tujuan pengajaran. Tidak ada pendidikan yang tidak mempunyai sasaran paedagogis, dan tidak ada pendidikan yang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, karena gerak sebagai aktivitas jasmani yaitu gerak dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alamiah berkembang searah dengan perkembangan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalau mau komentar,,,
jangan lupa id/imel nya..
TQ